Aplikasi Untuk Berbagi Akses Internet

Anda sering bepergian atau travelling, dan membutuhkan koneksi internet yang praktis, luas, dan fleksibel? Aplikasi Open Garden bisa menjadi pilihan tepat anda. Aplikasi garapan developer asal San Francisco, Amerika Serikat, ini telah diluncurkan lima bulan lalu.


Open Garden merupakan aplikasi yang menyediakan perangkat interkoneksi yang berfungsi untuk membentuk jaringan peer-to-peer wireless mesh yang menyediakan akses internet. Hal itu memungkinkan berbagi akses mobile web secara gratis dengan orang lain di dekatnya yang memiliki aplikasi yang sama.

Cara menggunakannya pun mudah. Pertama, anda cukup memasang aplikasi Open Garden di ponsel android atau laptop anda, dan perangkat akan terhubung secara otomatis ke http://opengarden.com. Seusai mengunduh aplikasi ini, laptop anda pun sekarang dapat mengakses internet yang berasal dari ponsel anda, dimana saja, meski tidak memiliki wi-fi.

Sistem kerjanya seperti tethering (peranggitan), yakni penggunaan perangkat seluler dengan akses internet seperti layanan 3G yang bertindak sebagai gerbang internet atau titik akses untuk perangkat lainnya. Perangkat lain dapat tersambung ke gerbang melalui bluetooth, wi-fi, atau universal serial bus (USB). Peranggitan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak seluler yang bergantung pada sistem operasi. Bedanya, di Open Garden tidak ada tombol yang harus ditekan dan tidak ada yang perlu dikonfigurasi.

Saat terdapat lebih banyak perangkat yang menjalankan Open Garden di tempat berdekatan, mereka semua akan terhubung dalam jaringan mesh. Untuk mendeteksi rekan - rekan dekatnya, layanan lokasi digunakan, termasuk global positioning system (GPS) jika tidak ada layanan lokasi lain yang tersedia.

Aplikasi ini memberikan beragam manfaat yang sama seperti halnya wi-fi tether atau Barnacle, tapi tanpa akses root yang diperlukan. Hal itu sebanding dengan Net PDA atau Easy Tether, tetapi tidak memerlukan penggunaan kabel USB. Aplikasi jaringan wireless mesh-lah yang mengubah salah satu perangkat anda menjadi hotspot portabel.

Ketika diinstal pada laptop dan android anda, Open Garden dapat membiarkan anda menggunakan peranti lunak dari komputer anda sepert Skype, surat elektronik, atau perambah, serta memungkinkan anda mengakses internet dimana saja, seolah - olah anda berada di rumah. Para pengguna pun dapat mengandalkan koneksi internet terkuat diantara jaringan koneksi untuk menhubungkan pada kecepatan tertinggi.

Selain itu, mereka dapat berbagi jaringan dengan koneksi jaringan Open Garden lainnya sehingga perangkat lain bisa mendapatkan koneksi internet, bahkan ketika mereka tidak membayar untuk akses hotspot lokal atau mobil broadband melalui operator seluler.

Dengan Open Garden, pengguna juga dapat menggunakan seluler dan wi-fi secara bersamaan untuk meningkatkan kinerja. Aplikasi Ios direncanakan dapat merasakan rencana tersebut pada akhir 2012. Akan tetapi, pihak pengembang masih berusaha menghadirkan pengalaman android secara maksimal sebelum mencurahkan waktu untuk Ios. Sejak diluncurkan Juni lalu, aplikasi ini sudah diunduh 250 ribu orang.

"Setiap ponsel pintar adalah komputer dan router, jadi kami pikir itu adalah waktu yang tepat untuk menghubungkan semua perangkat bersama - sama untuk membuat akses yang lebih umum dimana - mana," ungkap Co-founder dan CEO Open Garden Micha Benoliel, seperti dilansir Huffington Post, 12 September lalu.

Benoliel mengatakan fungsi itu sangat berguna bagi wisatawan untuk menghindari biaya roaming besar. Ketika tidak ada koneksi internet langsung di jaringan, Open Garden akan mengakses situs melalui link ke perangkat lain seperti laptop atau ponsel. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat android, windows dan mac.

Benoliel mengatakan aplikasi itu juga dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat yang berbeda, seperti Iphone dan tablet, secara gratis.

Selain itu ada pula Tether, aplikasi yang hanya berjalan secara langsung pada ponsel pintar anda. Dengan demikian, anda dapat mengakses internet dimana saja. Bahkan ketika anda terjebak di lokasi tanpa hotspot atau wi-fi yang tersedia, Tether akan bekerja melalui paket data ponsel anda.

Artikel Menarik Lainnya



1 Komentar:

nice info gan mengatakan...

bagus artikel nya

Poskan Komentar

 
Lentera Merah - Tentang sesuatu dan peristiwa di sekitar kita Website connection - All right reserved powered by Blogger