Cara Menghindari Kemandulan


Awal pernikahan, mungkin Anda dan pasangan masih menunda kehamilan karena belum siap mental dan material. Namun saat Anda siap menjadi Moms, sebaiknya persiapkan segalanya dengan baik.

Mulai dari berhenti merokok hingga tahu cara mengatasi stres dan menjaga tubuh tetap subur. Berikut informasi lengkap mengenai langkah wanita tetap subur, seperti dilansir Cosmopolitan.

Pastikan tubuh tidak terjangkit penyakit infeksi kelamin

Kecuali jika Anda mengetahui pasangan Anda bebas penyakit, penggunaan kondom merupakan pencegahan penularan terbaik terhadap penyakit yang mengancam kesuburan, seperti Chlamydia dan Gonorrhea. Infeksi bakteri tersebut dapat masuk ke dalam rahim dan saluran telur, yang akhirnya menggiring ke penyakit lebih serius seperti Pelvic Inflammatory Disease (PID) atau penyakit radang panggul. Menakutkannya, 1 dari 5 wanita yang mengidap penyakit radang panggul akan berakhir mandul.

Belajar atasi stres lebih baik

Stres dapat merusak siklus haid. Itulah mengapa saat Anda stres dapat mengalami haid lebih lama atau bahkan dua kali dalam sebulan. Sangat penting bagi Anda untuk mengatasi stres lebih baik dengan pandai-pandai mengatur waktu yang tepat agar tubuh dapat beristirahat.

Berhenti merokok

Dampak nikotin pada perokok adiktif maupun mereka yang merokok hanya sekali-kali sama buruknya. Pasalnya, racun dalam rokok mampu merasuk ke dalam saluran telur dan merusak kromosom telur, lalu melemahkan kemampuan tubuh untuk menghasilkan estrogen, yang diteruskan tubuh ke rahim agar dapat hamil.

Menambah berat tubuh

Ketika tubuh wanita terlalu kurus, kemungkinan proses ovulasi Anda akan berhenti. Itulah sebabnya Anda membutuhkan sedikit lemak agar dapat hamil. Pastikan Body Mass Index (BMI) Anda berkisar antara 20 hingga 25.

Kurangi konsumsi seafood

Beberapa menu laut mengandung tingkat mercuri tinggi yang berhubungan juga dengan kemandulan, keguguran, dan kehamilan cacat. Tapi jangan meninggalkan menu ikan sama sekali, karena ikan kaya protein, dan nutrisi penting lainnya. Pastikan Anda memilih menu udang, ikan salmon, dan tuna.

Pil kontrasepsi tidak menyebabkan kemandulan

Mitos ini perlu diperbaiki. “Pil kontrasepsi tidak menyebabkan dampak buruk pada kesuburan,” ungkap Dr Ringler, dokter spesialis kesuburan di Los Angeles, Amerika Serikat.

Waspadai kemandulan terutama saat Anda berusia lebih dari 35 tahun

Jangan menunda kehamilan terlalu lama. Sekalipun sehat, tapi waktu biologis tubuh Anda terus berjalan. Wanita terlahir dengan 1 juta telur, tapi lambat laun seiring dengan usia, misalnya saat Anda berusia di pertengahan 30 tahun, telur akan berkurang menjadi 30.000. Itu belum termasuk risiko keguguran dan penyakit genetik. Bagi wanita berusia di bawah 30 tahun, kemungkinan hamil pada masa satu siklus adalah 25 persen. Ketika mencapai usia 40 tahun, kemungkinan itu merosot ke angka 5 persen. [okezone.com]

Artikel Menarik Lainnya



0 Komentar:

Poskan Komentar

 
Lentera Merah - Tentang sesuatu dan peristiwa di sekitar kita Website connection - All right reserved powered by Blogger